• Kontak Kami
  • Hotline : +6287825310735
  • SMS : +6287825310735
  • BBM : BMDS900D

Kontak Kami

Selamat berbelanja, Shopper!

Buka jam 08.00 s/d jam 17.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Untuk Pemesanan Silakan Telpon/SMS/Whatsapp 087825310735 Free Ongkir Seluruh Indonesia Terdapat banyak promo silakan lihat menu Our Company - Promo Produk Peluang usaha menjanjikan silakan lihat Our Company - Reseller MDS dan Book Advisor MOP Miliki buku dengan cara Arisan silakan lihat menu Our Company - Arisan Buku
Beranda » Artikel Terbaru » Jadikan Membaca Sebagai Hobi

Jadikan Membaca Sebagai Hobi

Diposting pada 27 March 2018 oleh admin

 

Hobi adalah kegiatan yang menjadi favorit atau berupa aktivitas yang sangat disukai, dan sering dilakukan bahkan mungkin bisa dilakukan hampir setiap hari. Hobi ini akan menjadi bagian dari diri kita. Dalam menjalaninya, hobi juga bisa memberi manfaat bagi kita. Bukan hanya itu, hobi juga bisa jadi motivasi lebih bagi kita untuk berbuat sesuatu, tentunya hobi yang positif.

Membaca adalah salah satu kegiatan yang mayoritas orang sukai. Tapi sebagian orang juga ada yang tidak menyukainya karena beberapa alasan, biasanya orang yang kurang menyukainya karena mereka lebih senang mendengar dan melihat. Contohnya mendengar berita langsung melalui media elektronik ataupun gadget yang dianggapnya lebih mudah dicerna. Nah, membaca itu sebenarnya akan jadi hobi kalau kita sudah terjun dalam dunia ini. Dan tidak ada ruginya apabila kita jadikan membaca sebagai hobi, malah itu akan mendatangkan banyak manfaat untuk jangka panjang, sehingga membuat kita haus akan ilmu pengetahuan setiap harinya.

Ada 4 tips yang dapat diambil untuk melatih diri kita dalam meningkatkan kegemaran kita untuk membaca :

Tips Pertama

Mendisiplinkan diri, yaitu : Jadikan membaca sebagai sebuah kebiasaan. Sebagaimana halnya kebiasaan yang lain, membaca membutuhkan keadaan yang berlangsung secara rutin dan terus menerus.  Kunci Utamanya adalah mendisiplinkan diri kita untuk membaca. Hal ini dapat kita mulai dengan membaca buku-buku Best-Seller. Gunanya untuk menstimulasi minat baca kita. Karena buku-buku yang diakui sebagai best-seller biasanya membuktikan bahwa buku tersebut mudah masuk ke berbagai macam kalangan. Bila minat baca kita sudah mulai terbangun dengan kuat,tingkatkan dengan membaca buku-buku yang sifatnya lebih spesifik, misalnya spesifik  ke suatu aspek kehidupan kita, misalnya saja : aspek bisnis, aspek psikologi, aspek religius, dan berbagai aspek lainnya.

Tips Kedua

Bawalah buku bersama kita saat pergi. Karena, banyak diantara kita tidak suka membaca dengan alasan “tidak punya waktu luang”? Padahal jika kita jujur pada diri kita sendiri, sebenarnya waktu itu selalu bisa kita dapatkan. Yang menjadi masalah sebenarnya adalah Bagaimana kita mengisi waktu luang tersebut. Mungkin bagi orang-orang yang memiliki tingkat aktivitas yang tinggi, saran yang baik adalah dengan membawa buku bersama dengan kita pada saat kita bepergian. Karena demikian, pada waktu kita senggang (misalnya saja pada saat kita duduk menunggu seseorang) kita dapat mengisinya dengan membaca buku yang kita bawa.

Tips Ketiga

Membiasakan diri  untuk menetapkan target membaca.   Seorang pakar, bernama John C. Maxwell pernah menyarankan untuk menetapkan sebuah target dalam hal berapa banyak buku yang akan kita baca dalam suatu periode waktu tertentu.  Karena dengan demikian, kita bisa melatih diri kita untuk time management yang baik. Misalnya, bila kita bisa menetapkan target minimal 12 buku dalam setahun, maka kita bisa memprediksi bahwa kita akan menyelesaikan setidaknya 1 buku dalam sebulan. Bila kita mau jujur, waktu sebulan adalah relatif panjang untuk menyelesaikan sebuah buku, apalagi bila diiringi dengan kebiasaan membawa buku seperti tips nomor dua tadi!

Tips Keempat

Jangan membaca hanya semata-mata karena kewajiban & suatu keterpaksaan. Kebanyakan orang, terutama di Indonesia membaca hanya semata-mata karena kewajiban & suatu keterpaksaan untuk mengerjakan tugas atau mempersiapkan suatu ujian. Sewaktu kita masih duduk dibangku sekolah (di kalangan pelajar) di Indonesia, istilah SKS yang berarti “Sistim Kebut Semalam” suatu yang tidak asing yang kerap kita dengar.  Mungkin kita akan tertawa bila kita ingat/saat kita mendengar istilah tersebut. Tetapi sebenarnya banyak yang tidak peduli pada kenyataan bahwa cara belajar seperti itu bukanlah cara belajar yang baik. Sebagai dampak dari membaca yang dilakukan hanya semata-mata karena kewajiban dan cenderung merasa suatu keterpaksaan. Sungguh suatu pekerjaan yang tidak menyenangkan bukan ??? Kebanyakan dari kita, hanya yang memiliki pemikiran yang sifatnya text-book thinking, atau hanya terpaku pada apa yang dituliskan dibuku, dan lemah dalam mengimplementasikan maupun mengembangkan teori yang sudah dipelajarinya dalam kehidupan nyata. Padahal tidak dapat kita pungkiri bahwa “membaca” adalah suatu hal yang sangat baik, terutama bila berkaitan dengan menambah wawasan & pengetahuan dalam hidup kita.

Dengan meningkatkan intensitas kita dalam membaca, maka dengan sendirinya kita sedang berinvestasi untuk diri kita sendiri bagi masa depan kita. Semakin banyaknya pengetahuan yang kita miliki, semakin besar jugalah kesempatan untuk kita menjadi orang yang lebih bijaksana dalam bertutur kata dan bertindak tentunya. Jadi tunggu apalagi, mari kita mulai membiasakan diri dengan “MEMBACA”. Jadikan membaca sebagai hobi! Klik di sini yuuuk untuk produk-produk menarik dari kami!

Sumber 4 Tips Melatih Diri : elindasari.wordpress.com

Bagikan informasi tentang Jadikan Membaca Sebagai Hobi kepada teman atau kerabat Anda.

Jadikan Membaca Sebagai Hobi | Buku Anak Islami Mandira Dian Semesta

Belum ada komentar untuk Jadikan Membaca Sebagai Hobi

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 20%
Rp 2.300.000 Rp 2.875.000
Ready Stock
SIDEBAR